Sunday, June 28, 2009

Gubug Makan Mang Engking



Cita Rasa Warisan Leluhur Negeri Parahyangan

Sepintas tawaran tempat makan ini seperti tempat makan Sunda lainnya. Menurut tawaran yang tertulis di brosur tempat makan ini : “Nikmati Cita Rasa Masakan Resep Warisan Leluhur Negeri Parahyangan dari Bahan Alami, Hidup, Segar dan Sehat, Sehingga Terjamin Kemurniannya dan Cocok, untuk Lidah Penikmat Rasa.”

Walaupun menyajikan masakan dengan resep warisan leluhur negeri Parahyangan, Gubug Makan Mang Engking justru tidak memiliki cabang di tanah Parahyangan aslinya. Pertama kali dibuka gubug makan ini berlokasi di Yogyakarta. Hingga sekarang telah membuka cabang/berlokasi di Ds.Jamur, Sindangrejo, Minggir – Sleman dan Soragan Castle – Bantul, keduanya di propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain di 2 lokasi tersebut, telah dibuka cabang di Taman Rekreasi dan Edukasi Telaga Arwana Cibubur, Danau Salam Kampus UI Depok dan di Ds Bakalan, Duren Sewu, Pandaan – Jawa Timur.

Lokasi-nya memang tidak ada yang berada di Central Business Distric , namun jangan coba – coba datang tanpa reservasi apabila datang pada saat jam makan siang, khususnya pada saat akhir minggu atau hari libur Nasional. Bahkan cabang Taman Edukasi & Rekreasi Telaga Arwana Cibubur yang memiliki gubug utama berkapasitas 200 orang dan 5 gubug lesehan memberi catatan kepada pengunjung untuk menggunakan tempat maksimal 2 jam setelah kita tiba. Gubug makan Mang Engking memang menawarkan kenyamanan bagi keluarga, selain menyajikan menu yang beragam, pengunjung juga dapat menikmati suasana alam seperti di pedesaan. Pengunjung dapat makan sambil memberi makan ke ikan – ikan mas yang berada di empang bawah gubug. Lokasi Cibubur dan UI Depok juga terdapat pemancingan umum. Bahkan jika ingin bercocok tanam, outbond dan mengangon kerbau lokasi yang di Cibubur memfasilitasi-nya. Jadi sambil menunggu hidangan datang atau sambil antri untuk mendapatkan tempat (gubug ataua meja) kosong, maka kita dapat beraktifitas layaknya berada di pedesaan Parahyangan.

‘Gubug Mang Engking’ menyajikan menu andalan Udang Galah dan Ikan Gurame yang diolah secara khas. Juga menyediakan ‘Menu Paket untuk 6 Orang’ yang terdiri dari : Udang Bakar Madu, Udang Goreng, Udang Saus Tiram, Gurame Cobek, Gurame Bakar Kecap, Nasi Putih, Tumis Kangkung, Karedok, Lalapan, Sambel Terasi Dadak, Sambel Tomat. Harga paket tersebut adalah Rp 345.000 ,- tanpa minuman. Jika menambah 3 gelas Es Jeruk dan 3 gelas Es Teh Manis maka harganya menjadi Rp 345.000 ,-

Hingga tanggal 30 May 2009 saya sudah 4 kali menikmati lunch di sini, 2 x di Mang Engking UI Depok (terakhir bulan Maret 2009) dan 2 x di Gubug Mang Engking Cibubur (26 April 2009 saat Mbak Naning – kakak saya berulang tahun dan ulang tahun saya tanggal 27 May, tapi dirayakan tanggal 30 May bersama keluarga). Yang pasti saat ulang tahun tagihan yang diterima adalah diatas satu juta rupiah, karena saya memang booking untuk 25 orang.

(Anna R.Nawaning S – Proud to be Indonesian Food Lover.....) : Bahasa-nya bener gak yak?! ;-D

No comments: